Juve Sangat Tergantung dengan Ronaldo

Korek + – Juventus seperti kehilangan taring saat Cristiano Ronaldo absen. Direksi Bianconeri menyangkalnya, namun seperti apa kenyataannya?

Ronaldo kembali tampil di matchday kelima Liga Champions melawan Dynamo Kiev pada Kamis (3/12/2020) dini hari WIB, setelah sebelumnya diistirahatkan saat Bianconeri menghadapi Benevento di Serie A akhir pekan lalu.

Tanpa kehadiran Ronaldo, Juventus ditahan imbang 1-1 oleh tim yang berstatus promosi tersebut. Sementara saat Ronaldo tampil di laga melawan Kiev, Juventus malah menang 3-0, dan Ronaldo ikut menyumbang sebiji gol.

Tak heran bila Juventus dianggap ketergantungan CR7 musim ini. Lima laga dilalui Juventus tanpa kekasih Georgina Rodriguez itu, dan hasilnya mereka cuma menang sekali, saat menumbangkan Kiev 2-0 di matchday pertama Liga Champions.

Sementara saat Ronaldo bermain, Juventus tak pernah kalah. Enam kemenangan dan dua hasil imbang diraih Bianconeri. Bahkan Ronaldo hanya sekali absen mencetak gol, yakni saat menang 4-1 atas Ferencvaros di matchday ketiga Liga Champions.

Toh, meski tak mencetak gol, dia menyumbang satu assist di laga itu. Artinya, Ronaldo belum pernah absen berperan dalam menciptakan gol bagi Juventus musim ini. Namun Wakil Presiden Juventus Pavel Nedved enggan menyebut timnya saat ini terlalu bergantung pada Ronaldo.

“Ronaldo sedikit lagi mencetak 750 gol dalam kariernya, tapi kami tak mengalami ketergantungan padanya,” kata Nedved kepada Sky Sport Italia jelang laga Juventus vs Dynamo Kiev.

Ronaldo akhirnya mencetak gol di laga itu, dan berhasil menggenapkan jumlah golnya menjadi 750, 75 di antaranya bersama Juventus. Pria asal Madeira itu sedang menjalani musim ketiganya di Turin, dan kontraknya masih tersisa sampai 2022.

“Jelas, tim manapun akan merasa kehilangan jika pemain selevel dia absen, terutama para pemain muda. Kehadirannya mengubah karakter tim, sama halnya dengan yang dilakukan Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, atau Gigi Buffon,” sambung Nedved.

Direksi Juventus membantah anggapan Si Nyonya Tua sedang mengalami sindrom Ronaldo dependency, tapi data dan fakta berkata sebaliknya sejauh ini.

Menarik menanti ke depannya, apakah Juventus bisa lepas dari pengaruh Cristiano Ronaldo atau tidak di musim ini. Meski dengan banderol dan gaji yang mahal, tak salah juga bila mereka amat mengandalkan pemain asal Portugal itu. (Detik.com)


Juventus dengan Ronaldo

vs Sampdoria 3-0
vs AS Roma 2-2
vs Spezia 4-1
vs Ferencvaros 4-1
vs Lazio 1-1
vs Cagliari 2-0
vs Ferencvaros 2-1
vs Dynamo Kiev 3-0

Juventus tanpa Ronaldo

vs Crotone 1-1
vs Dynamo Kiev 2-0
vs Hellas Verona 1-1
vs Barcelona 0-2
vs Benevento 1-1

Comment